Minggu, 01 Desember 2019

Microsoft Power Point

Microsoft Power Point
Pengertian Microsoft Power Point

Microsoft Powerpoint adalah sebuah program aplikasi microsoft office yang berguna sebagai media presentasi dengan menggunakan beberapa slide. Aplikasi ini sangat digemari dan banyak digunakan dari berbagai kalangan, baik itu pelajar, perkantoran dan bisnis, pendidik, dan trainer. Biasanya, program komputer satu ini dipakai untuk kebutuhan presentasi, mengajar, atau membuat animasi secara sederhana. Kehadiran program ini menggeser proyektor sebagai cara presentasi model lama.
Dengan bantuan Power Point, presentasi menjadi mudah dan menarik. Sebab, sudah tersedia template yang bisa diterapkan pada bahan dokumen yang hendak dipresentasikan. Selain itu, beberapa template yang disediakan secara online bertebaran dimana-mana.

Fungsi Microsoft Power Point
Seperti disebutkan sebelumnya, Fungsi Microsoft Power Point bisa digunakan untuk kebutuhan presentasi, mengajar, atau membuat animasi secara sederhana. Namun, ada beberapa kelebihan dan manfaat yang dimiliki Power Point untuk mendukung peran dan fungsinya itu, diantaranya:
Power Point memudahkan pengguna untuk menambahkan audio, video, gambar/foto, hingga animasi. Hal ini membuat presentasi menjadi lebih hidup dan menarik.
Slide bisa diatur dan dicetak.
Presentasi bisa diakses melalui perangkat komputer dimanapun, dengan catatan terkoneksi dengan cloud atau menggunakan penyimpanan berupa USB.
Sejarah Perkembangan Microsoft Power Point
Sebelum bernama Microsoft Power Point, program ini bernama Inc. yang dikembangkan Bob Gaskins dan Dennis Austin dengan perusahaan Forethought. Tanggal 31 Juli 1987, Microsoft mengakuisisi perusahaan ini dengan harga 14 juta dolar US.
Nama program ini pun diubah menjadi Power Point. Tahun 90-an, Microsoft merilis Power Point 2.0. Sejak saat itu, Power Point menjadi bagian tidak terpisahkan dari Microsoft Office bersama Word dan Excel.
Bagian-Bagian Microsoft PowerPoint
Sebagaimana sebuah program, Power Point juga memiliki bagian-bagian yang tidak bisa dipisahkan darinya. Berikut bagian-bagian Microsoft Power Point dan penjelasannya secara lengkap.

• Tombol Office
Tombol Office adalah tombol-tombol yang dipakai dalam mengakses perintah dasar yang berhubungan dengan dokumen. Contohnya membuat, membuka, menyimpan, mencetak, dan lain sebagainya.
• Quick Acces Toolbar
Quick Acces Toolbar adalah ikon-ikon yang dipakai dalam mengakses perintah pengguna secara cepat. Defaultnya, ikon-ikon ini ada tiga ikon – Save, Undo, Repeat.
• Tab Menu
Tab Menu adalah berisi menu-menu yang menunjukkan perintah-perintah untuk mengolah sebuah dokumen.
• Title Bar
Title Bar adalah nama file dokumen yang sedang dibuka.
• Ribbon
Ribbon adalah menu yang terletak dari perintah-perintah menu utama program.
• Slides Pane
Slides Paneadalah menu yang dipakai menampilkan thumbnail slide di dokumen.
• Status Bar
Status Bar adalah menu yang dipakai untuk menunjukkan status dokumen. Contohnya tema atau jumlah slide yang dipakai dalam slide.
• Notes Pane
Notes Pane adalah menu yang dipakai sebagai penampil catatan dalam slide.
• Slide Area
Slide Area adalah menu yang dipakai sebagai penampil slide dari dokumen.
• Tombol View
Tombol View adalah menu yang dipakai sebagai pengatur tampilan slide.
• Zoom Controls
Zoom Controls adalah menu yang dipakai untuk mengatur ukuran slide – zoom in memperbesar dan zoom out memperkecil.
Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Power Point
Sebagai sebuah produk, Power Point juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Dimana pihak Microsoft selalu mencoba untuk menutupi kekurangan yang muncul di versi terbaru yang dirilis. Nah, apa saja kelebihan dan kekurangan dari Power Point?
1. Kelebihan Microsoft Power Point
Pengguna mudah membuat presentasi slide
Power Point memiliki beragam tools pembantu
Template bervariasi
File bisa dieksport ke PDF
Power Point mempunyai fitur kolaborasi
Memiliki fitur layanan awan
Fitur proteksinya sangat bisa diandalkan
2. Kekurangan Microsoft Power Point
Tidak bisa digunakan di kom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar