Minggu, 01 Desember 2019

Microsoft Excel
PENGERTIAN MICROSOFT EXCEL BESERTA ULASANNYA


Pengertian Microsoft excel adalah Program aplikasi pada Microsoft Office yang digunakan dalam pengolahan angka (Aritmatika).Microsoft Excell sangat membantu kita dalam menyelesaikan permasalahan yang mudah sampai dengan yang rumit dalam bidang administratif khususnya. Microsoft Excel adalah aplikasi pengolah angka yang dikeluarkan oleh Microsoft Corporation.


Microsoft Office Excel memang dikenal dengan penggunaan rumus-rumus atau formula dalam lembar kerjanya. Penggunaan rumus yang efektif akan memudahkan Anda dalam membuat laporan pekerjaan dengan menggunakan MS Excel. Formula atau rumus MS Excel adalah keunggulan tersendiri untuk aplikasi ini, dengan kemampuannya dalam mengolah data melalui perhitungan matematis yang sangat beragam fungsinya.

Kelebihan Ms Excel:

Mempunyai kemampuan menampung data yang cukup besar dengan 1 juta baris dan 16.000 kolom dalam 1 sheet. Jadi dalam 1 sheet bisa menampung jawaban 1 juta responden dan 16 ribu jawaban/pertanyaan.
Microsoft excel mempunyai Format yang paling populer dan fleksibel jadi sebagian besar software data entry ada fasilitas konversi ke format excel atau format lain yang bisa dibaca excel. Atau jika dibutuhkan kita bisa konversi balik dari excel ke software statistik lainnya.
Microsoft Excel mempunyai program penggunaan rumus yang sangat lengkap sehingga mempermudah pengolahan angka untuk menghasilkan dokumen yang lebih canggih.
Dengan Pivot Tables, kita bisa kerja lebih efektif karena semua tabel summary yang kita rencanakan bisa kita buat dahulu walaupun data belum masuk semua. Setiap ada data masuk otomatis pivot table akan me-refresh sehingga tabel akan terupdate sendiri.


Kekurangan Ms Excel:

Software pengolah angka ini berbayar atau tidak gratis.
Aplikasi ini memerlukan banyak memory (RAM) dan proccessor yang besar (CPU).
Untuk membuat kolom baru yang berisi pengkategorian dari sebuah kolom/jawaban pertanyaan, atau membuat filter responden; kita harus membuat rumus excel baik rumus matematika, logika maupun text. Banyak orang yang tidak suka dengan hal ini karena di SPSS misalnya, kita dengan mudah untuk melakukan filter atau pengkategorian jawaban baru.


Menjelaskan Fungsi Menu dan Ikon Pada Program Microsoft Excel

Program pengolah kata Microsoft Excel memiliki sembilan menu yang terdapat bar atau baris menu. Kesembilan menu itu: File, Edit, View, Insert, Format, Tools, Data, Window, dan Help. Masing-masing menu memiliki submenu perintah yang masing-masing sub perintah tersebut memiliki fungsi tersendiri yaitu antara lain:

1.      MENU FILE

1)     New:  Perintah untuk membuat lembar kerja baru
2)     Open: Perintah untuk membuka dokumen
3)     Close: Perintah untuk menutup jendela workbook
4)     Save : Perintah untuk menyimpan data
5)     Save As:Perintah untuk menyimpan data yang belum memiliki nama
6)     Save As Web Page : Perintah untuk menyimpan kedalam halaman web
7)     Save Workspace : Perintah untuk menyimpan sebagai file workspace
8)     File Search :  Perintah untuk mencari file workbook
9)     Permission : Perintah untuk melihat apa yang akan disetting dalam halaman pengelolahan data tersebut
10) Web Page Preview :  Perintah untuk melihat lembar kerja yang akan dicetak
11) Page Setup : Perintah untuk mengatur setting halaman
12) Print Area : Perintah untuk menentukan lembar kerja yang akan dicetak
13) Print Preview   : Perintah untuk melihat lembar kerja yang akan dicetak
14) Print : Perintah untuk mencetak data
15) Send To : Perintah untuk mengirimkan file
16) Properties : Perintah untuk Membuat ringkasan file yang aktif
17) Exit : Perintah untuk menutup program Microsoft Excel

2.      MENU EDIT

1)     Undo : Perintah untuk membatalkan perintah terakhir
2)     Redo : Perintah untuk membatalkan perintah Undo
3)     Cut : Perintah untuk memotong naskah
4)     Copy : Perintah untuk membuat duplikat naskah
5)     Office Clipboard : Perintah untuk menampilkan jendela Cilpboard
6)   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar