Minggu, 01 Desember 2019

E-Book

E-Book
Pengertian E-book/Buku Digital,Fungsi,Tujuan,Beserta Jenisnya

 Pengertian EBook/Buku digital

Apa sih E-book itu???
Ebook adalah Bentuk digital dari buku cetak,terdiri dari berbagai macam informasi digital(bisa text,gambar,audio,video) yang dapat dibuka melalui komputer,tablet,smartphone,atau perangkat lainya.
Fungsi Ebook
Berikut ini adalah beberapa fungsi Ebook menurut kami:
Sebagai sarana pembelajaran.
Untuk media pembalajaran.
Untuk media bisnis.
Tujuan buku digital
Memudahkan proses pembelajaran melalui edmodo.
Memudahkan guru memberi tugas.
Memudahkan untuk belajar kelompok via online bagi murid.
Guru dapat memberi materi walau guru sedang tugas luar.
Melakukan ujian via online lebih mudah karena edmodo gratis.
Fungsi dan tujuan buku digital
Berfungsi sebagai salah satu alternatif media belajar
Karena buku digital dapat memuat konten multimedia didalamnya sehingga dapat menyajikan bahan ajar yang menarik dan menyenangkan.
Sebagai media berbagi informasi
Buku digital dapat di sebarkan dengan mudah ,melalui media seperti website yang memberi kesempatan bagi pembuat konten untuk lebih mudah berbagi informasi dengan cara yang lebih menarik dan interaktif dengan membuat konten dalam bentuk digital.
Melindungi informasi yang disampaikan
Berbeda dari buku fisik yang dapat rusak atau basah,buku digital berupa data di komputer yang terlindungi dari masalah-masalah tersebut.Jika hilang pengguna bisa dengan mudah mencari pengganti baik di internet atau meminta ke pembuat buku.
Mempermudah memahami proses memahami materi ajar
Dalam erangkat lunak buku digital,guru dapat memberi catatan pada materi,mencari kata di materi,menampilkan file multimedia untuk memperkaya kontern buku.
9 alasan beralih ke buku digital
Biaya relatif murah,karena harga dari media penyimpanan semakin murah.
Mudah untuk disimpan,tidak butuh ruang yang besar.
Mudah untuk dibackup(copy dan paste).
Mudah untuk di transfer(inter dan intranet),mobilitas tinggi.
Mudah untuk dicari kembali(metode pencarian nama file,Jenis file,tanggal,dll).
Bisa menggunakan level security/keamanan/pasword.
Tidak khawatir terhadap rayap,basah,lembab,dan jamur.
Siap untuk di reproduksi setiap saat.
Go green! Ramah lingkungan.
Jenis Format Buku Digital
Berikut beberapa format yang tersedia untuk buku dalam format digital:
AZW – Amazon World.
Sebuah format proprietary Amazon, yang menyerupai format MOBI kadang-kadang dengan dan kadang-kadang tanpa menyertakan Digital Rights Management (DRM). DRM pada format ini dikhususkan untuk Kindle Amazon.
EPUB – Electronic Publication.
Format terbuka didefinisikan oleh Forum Open digital book dari International Digital Publishing Forum (idpf). EPUB mengacu kepada standar XHTML dan XML. Ini adalah standar yang sedang berkembang. Spesifikasi untuk EPUB dapat ditemukan di situs web IDPF, Adobe, Barnes & Noble, dan Apple, masing-masing memiliki DRM mereka sendiri. Format tersebut tidak kompatibel antara satu dengan yang lainnya. Saat ini sudah ada versi terbaru yaitu ePub 3, tetapi belum digunakan secara luas.
KF8 -Format Kindle Fire dari Amazon.
Hal ini pada dasarnya sama dengan prinsip ePub yang disusun dalam pembungkus Palm File Database (PDB) dengan Digital Right Management (DRM) milik Amazon.
MOBI – Format MobiPocket.
Ditampilkan menggunakan perangkat lunak membaca sendiri. MobiPocket tersedia pada hampir semua PDA dan Smartphone. Aplikasi Mobipocket pada PC Windows dapat mengkonversi Chm, doc, Html, OCF, Pdf, Rtf, dan Txt file ke format ini. Kindle menampilkan format mobipocket juga.
PDB - Palm File Database.
Dapat menyertakan beberapa format buku digital yang berbeda, yang ditujukan untuk perangkat berbasiskan sistem operasi Palm. Pada umumnya digunakan untuk buku digital berformat PalmDOC (AportisDoc) dan format eReader juga.
PDF - Portable Document Format
yang diciptakan oleh Adobe untuk produk Acrobat mereka. Format ini secara tidak langsung merupakan format yang digunakan untuk pertukaran Dokumen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar